Latest Ebook :
Home » » Republik Jungkir Balik

Republik Jungkir Balik

{[['']]}
Republik Jungkir Balik.   Surabaya, tahun 1645. Diperkirakan lebih dari 100.000 penduduk terpaksa mengungsi ke luar kota. Kebanyakan hanya dengan pakaian yang melekat di tubuh, karena dalam situasi kepanikan, mereka tidak sempat memikirkan untuk membawa harta benda. Kesengsaraan yang diderita oleh pengungsi tersebut berlanjut selama berbulan-bulan, sebelum mereka berani kembali ke kota yang hancur.

Keluarga Kartidjo merupakan salah satu dari beribu-ribu keluarga yang ikut dalam konflik kehidupan yang pelik. Senasib sepenanggungan, mereka berjuang mempertahankan hidup. Seiring dengan beranjak dewasanya anak-anak Kartidjo, ditangkapnya Saputra oleh Belanda sehingga Sumini yang cantik dan menarik rela menjadi pelayan nafsu sinyo-sinyo penjara Herenstraat.

Pergolakan antara nilai nurani dengan kemanusiaan, mampu diolah secara apik oleh Suparto Brata dalam novel ini. Perjuangan manusia untuk tetap mempertahankan kelangsungan hidup atau memilih menyerah karena memegang teguh nilai-nilai kebenaran nurani. Ya, negri ini memang telah "Jungkir Balik". Di mana ukuran mengenai kebenaran atau kekeliruan menjadi sangat relatif kedudukannya. Bagaimana Kartidjo menjalankan hidupnya? Dan pilihan-pilihan apa yang diambilnya.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ebook Suparto Brata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger