Latest Ebook :
Home » » Donyane Wong Culika

Donyane Wong Culika

{[['']]}

DONYANÉ WONG CULIKA. Ini cerita Jawa. Bahasa Jawa, rasa Jawa, pikiran Jawa di Tanah Jawa abad 20.

Ini cerita orang Jawa di desa, di sawah, di kota, di rumah kampung, di rumah gedung, di hotel, di guest-house, di istana raja.

Ini cerita penghidupan Sabar kusir dokar, Wongsotukiran yang gugontuhonen, Nini Sali janda tua tanpa keluwarga, Barman si penjual kelapa, Painem bocah kurus penyakitan, Dalimin yang setia kepada majikan bangsawannya, Kariya Mentes petani yang usaha perusahaan batu bata,, Den Darmin yang idealis, Ki Pratiknya dalang wayang, Ndara Kangjeng Jodi bangsawan yang menguber cintanya, Jumilah perawan desa yang Gerwani, Sangkarku penabuh gamelan yang seniman Lekra, Ndrajeng Manik putri kraton, Ndara Jemba putri bangsawan tanpa ayah, Sastra Kentrung guru tulis yang buta, Nyi Lurah Badrakirana pesinden istana raja, Santinet tukang kridit kain, Bonet mahasiswa, Steffy Tjia etnis Cina yang patriot Indonesia.

Dan banyak lagi tokoh berkarakter beda di cerita DONYANÉ WONG CULIKA yang arti judul itu (INDONESIA) NEGERINYA ORANG CURANG. Buku ini menceritakan orang Jawa zaman Belanda, zaman perjuangan melawan Belanda, zaman Jogjakarta Ibu Kota RI, zaman Nasakom (Nasional-Agama-Komunis), zaman Orde Baru. Ini cerita orang Jawa, kebiasaannya, wataknya, perasaannya, pikirannya, pekertinya, polah-tingkahnya, pekerjaannya, sandang-pangannya, budayanya, agamanya, zamannya, negaranya, sejarahnya, buminya, keadaan alamnya, nasibnya, takdirnya, jantra kehidupannya, dan barangkali ramalan masa depannya.

Cerita ini digubah dengan bahasa Jawa ngoko setebal 538 halaman, bahasa sastra Jawa standar ketika zaman cerita rekaan ini terjadi.

Share this article :

+ comments + 2 comments

29 November 2016 at 13:53

salut...

sungkem kagem swargi

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ebook Suparto Brata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger